Ini Alasannya Setir Mobil Berbentuk Bulat

Tentunya kita tahu bahwa pada umumnya setir mobil berbentuk bulat, bukan kotak dan bukan pula segitiga. Tapi tahukah sobat apa alasannya,, mengapa setiap mobil setirnya berbentuk bulat lingkaran?mari kita lihat sejarahnya, mobil pertama yang diproduksi tahun 1885 adalah Benz Patent-Motorwagen , pada masa itu mobil-mobil tersebur belum dilengkapi dengan setir.

Dimasa itu mobil menggunakan tuas sebagai kemudi yang bentuknya tungkai dan memang penggunaanya kurang optimal baik dari segi pengendalian maupun tingkat keakuratan dalam mengarahkan roda kurang akurat, terutama ketika ingin memarkirkan mobil menjadi lebih sulit karna penggunaan tuas cukup rumit.

Setir berbentuk bulat melingkar baru diciptakan  oleh Alfred Vacheron ditahun 1894. Saat itu Alfred Vacheron sedang melombakan mobil nya pada sebuah ajang balapan mobil pertama di Prancis. Sejak itu setir berbentuk bulat melingkar menjadi standar dan terus digunakan.

Setelah melalukan serangkaian uji coba, Alfred mengatakan bahwa mekanisme setir mobil bulat melingkar lebih mudah sehingga mobil Panhard waktu itu selalu dibuatkan setir melingkar.

Mekanisme setir kemudi mobil terus mengalami perubahan dan berlanjut sampai tahun 1899. Singkat cerita, produsen-produsen otomotif terus melakukan pengembangan-pengembangan, hingga kemudian muncul sistem power steering. Sistem ini mengkombinasikan setir kemudi dengan sistem hidrolik seperti setir kemudi saat ini.

Begitulah alasan dibalik mengapa setir mobil berbentuk melingkar. Setir melingkar memiliki genggaman ideal dari semua sudut untuk melakukan putaran. Memudahkan genggaman tangan dalam mengendalikan mobil dan mengatur arah mobil.

sumber:carsome.id

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *