Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Coba Tips Ini

Musim hujan bisa saja berdampak masalah pada mobil anda. Selain mobil cepat kotor, perawatan lain juga diperlukan. Tentunya perawatan mobil saat musim hujan akan berbeda ketika pada saat musim kemarau. Kondisi yang berbeda seperti keadaan jalanan, cuaca dan kelembaban udara yang berbeda, maka berbeda persiapan jenis perawatannya pada mobil.

Perhatikan hal pokok terlebih dahulu baik saat berkendara maupun pada saat perawatan. Seperti kaca yang berembun saat hujan akan mengganggu perjalanan. Hal lain juga seperti rem, ban dan kaca spion yang basah.

Kaca menjadi berembun saat suhu dalam mobil lebih hangat daripada suhu diluar mobil, tetap menyalakan AC mobil akan mengatasi masalah tersebut, sesuaikan dengan suhu diluar mobil.

Untuk mengatasi kaca spion yang basah, bisa dengan menggunakan mirror rain block atau topi spion agar kaca sepion terlindung dari guyuran air hujan. Jangan lupa sedia lap juga untuk bersih bersih kaca spion.

Berhati hatilah berkendara ketika jalanan basah, sebab rem bisa saja tidak bekerja maksimal. Maka pastikan keadaan mobil anda selalu dalam performa baik ketika akan melakukan perjalanan.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah perawatan keseharian mobil saat musim hujan. Dilansir Deltalube, berikut  beberapa hal penting dalam merawat mobil saat musim hujan.

Rajin mencuci mobil

Saat musim hujan, mobil cepat sekali menjadi kotor. Segera keringkan mobil yang basah karena tterkan air hujan, jangan biarkan air tersebut sampai mengering di mobil, sebab kotoran yang menempel dapat meninggalkan bekas di bodi mobil bahkan menyebabkan kerusakan jika terus-terusan.

Bersihkan mobil dengan spons lembut dan sabun khusus mobil. Untuk mobil hanya basah terkena guyuran air hujan, bilas dengan air lalu keringkan dengan kain lap.

Semprotkan silcon spray di sela-sela kaca pada bagian kaca mobil untuk membuatnya elastis dan mencegah kebocoran pada kaca mobil.

Sediakan Karpet di dalam mobil sebagai lapisan lantai

Lantai mobil cenderung basah di musim hujan sebab terkena air yang terbawa oleh alas kaki penumpang . Agar  lantai mobil tidak berjamur, Lapisi dengan karpet untuk mencegah perkembangbiakan jamur. Gunakan karpet yang dapat dikeluarkan dan dicuci dengan mudah, dan menghindari air bersentuhan langsung dengan lantai mobil.

Parkir mobil di garasi 

Usahakan mencari tempat parkir mobil di garasi bila dirumah atau parkirkan di basements bila berada di tempat-tempat umum, atau sebisa mungkin parkitkan di tempat yang beratap sehingga meminimalisir guyuran air hujan. Siapkan cover mobil kalau-kalau tidak menemukan tempat parkir yang teduh dan harus memarkirkan cukup lama.

Aplikasikan Coating pada bodi mobil

Mengaplikasikan coating pada cat bodi mobil sebagai perlindungan tambahan agar mobil lebih mudah dibersihakan dan tidak mudah kotor saat terkena cipratan genangan air jalanan atau air hujan.

sumber: tirto.id

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *