Tips Mudah Agar Terhindar Dari Curanmor

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan terbanyak digunakan di Indonesia. Begitu banyak yang menginginkan sepeda motor dengan harga murah, sekalipun barang curian. Perlu bagi kita untuk waspada untuk menghindari pencurian sepeda motor.

Pabrikan sepeda motor terus berusaha meningkatkan sistem keamanan pada produknya dengan menambahkan banyak fitur keamanan. Namun begitu, Para pencuri pun ada juga yang meningkatkan kemampuannya dalam mencari kelemahan sistem keamanan sepeda motor terbaru. Sehingga walaupun semakin canggih teknologi keamanan pada sepeda motor tak membuat komplotan pencuri jera.

Agar sepeda motor kita tidak jadi sasaran para pencuri, maka buatlah para maling kesulitan saat akan mencuri kendaraan kita sehingga mereka mengurungkan niatnya mencuri karena terlalu repot dan beresiko tinggi bila harus harus berlama-lama mencuri kendaraan milik kita.

Nah, untuk meminimalisir terjadinya pencurian sepeda motor pada motor kesayangan anda, cobalah tips berikut ini.

Mengunci Setang

Umumnya banyak orang terbiasa mengunci setang ke arah kiri. Beberapa motor memungkinkan untuk mengunci setang ke arah kana. Akan lebih aman ketika meninggalkan sepeda motor dalam waktu lama mengunci setang ke arah kanan. Sebab mempersempit ruang gerak pencuri saat membobol dengan kunci T akan dan menjadi tidak bebas , sehingga butuh waktu relatif lebih lama daripada mengunci ke kiri.

Parkit dekat jangkauan kamera CCTV

Ada baiknya memarkirkan kendaraan dekat dengan jangkauan kamera penintai (CCTV). Sebab pencuri akan takut jikalau mencuri ditempat yang dijangkau oleh kamera CCTV karna aksinya bakal terekam. Selain itu jika motor terjadi kemalingan maka CCTV akan merekam wajah pencuri serta nomor plat nomor pada motor.

Kunci Ganda/Kunci Tambahan

Pasang Kunci ganda atau biasa disebut kunci tambahan supaya membuat gerak gerik maling menjadi susah dan berfikir keras untuk mencurinya.

Bisa dengan memaasangkan kunci roda, atau kaitkan gembok pada lubang cakram depan atau belakang. Dengan demikian motor tidak akan bisa berjalan walau kunci kontak telah berhasil dibobol dan yang pasti reskio kehilangan motor sangat kecil.

Pasang Alarm

Dibeberapa motor terbaru memang sudah ada fitur Alarm, namun bagi yang tidak ada bisa kok membeli modul alarm secara terpisah,usahakan memilih alarm yang bagus dan berkualitas. tidak perlu khawatir dengan masalah kelistrikan pada motor selama pemasangannya sesuai prosedur.

Pasang Cover Motor

Fungsi cover motor adalah membuat motor terhindar dari debu atau gesekan dengan kendaraan atau melindungi dari hujan. Namun cover motor juga berfungsi mengurangi perhatian maling atau pencuri.

Manfaatkan Teknologi Side Stand Switch

Gunanya adalah untuk menambahkan waktu kerepotan para maling dengan menggabungkan Side Stand Switch dengan standar tengah motor. Sebab pencuri motor biasa melakukan aksinya dengan memilih motor yang paling cepat dan gampang dicuri.

Pasangkan Penanda atau Pengenal Pada Motor

Hal ini sepele namun berguna bagi anda para pemilik motor. Bisa menggunakan stiker untuk menandakan motor anda sendiri, ketika motor hilang, stiker motor akan agak sulit untuk dilepas dan kalaupun dilepas, masih ada tanda bekas stiker-nya, sehingga motor anda akan lebih mudah untuk dicari jika hilang. Apalagi jika anda mempunyai stiker Polri atau TNI, biasanya para maling motor akan segan untuk mencuri motor anda.

Asuransikan Sepeda Motor

Sepeda motor adalah aset berharga yang sifatnya sebagai harta bergerak. Kehilangan kendaraan tentu akan sangat merugikan dari sisi materi pemiliknya. Asuransi dalam kepemilikan sepeda motor bisa membantu mengurangi kerugian materi ketika terjadi kehilangan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *