seatbelt_otomotifarea

7 Tips Buat Kamu Agar Aman Dan Nyaman Saat Berkendara

Diposting pada

Keselamatan tentunya menjadi hal yang sangat penting bagi siapapun yang berkendara, terlebih lagi akhir-akhir ini semakin banyak kecelakaan yang terjadi baik kendaraan roda dua maupun roda empat.
Banyak faktor yang dapat menjadi sebab terjadinya kecelakaan, mulai dari mengantuk, hingga lalai saat berkendara. Diperlukan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara.
Oleh karena itu, Supaya Sobat tetap aman dan nyaman saat mengemudi, coba deh ikuti tips berikut ini.

1. Performa Kendaraan

Periksalah performa kendaraan sobat sebelum melakukan perjalanan jauh. Periksalah apakah mesin kendaraan , rem, dan lampu berfungsi dengan baik.
Sebelum sobat berangkat, sebaiknya lakukan pemeriksaan oli mobil, kopling, air radiator, kabel, dan kondisi aki. Bila perlu, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan di bengkel sebagai persiapan sebelum perjalanan jauh.
Kendaraan yang jarang di-service akan menyebabkan performanya menjadi menurun, lho! Jadi, jangan malas ya untuk service kendaraan mu.

2. Cek Tekanan Ban

Cek tekanan ban secara berkala. Pastikan bahwa PSI sudah sesuai.
Pada umumnya tekanan ban berbeda 2-3 psi antara ban depan dan belakang. Tekanan angin yang tepat juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar kendaraan sekitar 1-3%.

3. Selalu Gunakan Sabuk Pengaman (Seat Belt)

Sebelum memulai perjalanan, pakai dulu sabuk pengamannya, yach! Fungsinya untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan atau menahan saat berhenti mendadak. Jika sobat pengendara sepeda motor, gunakanlah helm dengan standar SNI.
Disamping itu, UULAJR (Undang-Undang Lalu Lintas dan Jalan Raya) Pasal 289 dan pasal 106 ayat 6 mengharuskan pengendara mengenakan sabuk pengaman saat mengemudi. Daripada kena tilang, kan lebih baik kamu menggunakan sabuk pengaman, hehe..

4. Bahan Bakar

otomotifarea

Jangan lupa untuk memeriksa bahan bakar kendaraanmu secara berkala. Terlebih lagi jika kamu akan memasuki jalan tol, bisa berabe klo ga nemu Pom benin hehe.
Pom bensin di jalan tol tidak tersedia banyak. Sobat nggak mau kan mobilmu mogok di tengah jalan tol?

5. Kapasitas & Keselamatan Penumpang

Sebaiknya tidak membawa penumpang hingga melebihi kapasitas mobil mu ya, Sahabat. Perjalanan mu bisa terganggu sebab tidak semua orang bisa duduk dengan nyaman.
Nah, bagi yang membawa balita, sebaiknya gunakan car seat atau booster seat, ya! supaya anak tetap merasa nyaman saat perjalanan.

6. Menyimpan Nomor-Nomor Darurat

Ada baiknya sobat juga menyimpan nomor-nomor darurat untuk kondisi yang tidak terduga seperti terjadinya kebakaran, kecelakaan, kejahatan berat, maupun bencana alam, nomer-nomer berikut akan berguna untuk sobat.
Dibawah ini daftar nomor yang harus kamu catat di handphone mu:
1. Nomor Telepon Polisi untuk laporan terjadinya kecelakaan dan kejahatan : 110
2. Nomor Telepon Pemadam Kebakaran: 113 atau 1131
3. Nomor Telepon untuk memanggil Ambulan: 118 dan 119
4. Nomor Telepon untuk menghubungi badan SAR: 115
5. Nomor Telepon untuk menghubungi posko Bencana Alam: 129
6. Nomor Telepon untuk gangguan Listrik: 123 atau 021-123
7. Nomor Darurat Umum bila jaringan seluler terbatas: 112

7. Selalu Patuhi Rambu Lalu Lintas

Tak jarang musibah kecelakaan lalu lintas disebabkan karena kelalaian si pengemudi. Oleh sebab itu, jika sobat sudah merasa ngantuk ataupun kelelahan, usahakanlah segera beristirahat. Memaksakan berkendara dengan kondisi badan yang lelah dan ngantuk beresiko tinggi, lho.
Penyebab lainnya yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yaitu sikap yang terburu-buru alias tidak sabaran. Siapa yang sering kebut-kebutan saat terburu-buru hayoo ngaku?
Banyak pengemudi atau pengendara yang berkendara dengan mengebut, dengan harapan agar segera cepat sampai ke tujuan. Namun tentunya sangat beresiko, yak an sobat?.
Jadi, patuhilah selalu rambu lalu lintas supaya perjalanan sobat tetap aman, karena keselamatan adalah hal yang utama.

Sumber : Daihatsu.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *