Jadwal Perawatan Mobil Rutin Berdasarkan Jarak Tempuh Mesin

Jadwal Perawatan Mobil Rutin Berdasarkan Jarak Tempuh Mesin. Perawatan mobil secara rutin wajib dilakukan agar mobil dapat berjalan dengan baik. Panduan berikut adalah perkiraan interval yang disarankan oleh banyak produsen mobil untuk dilakukan servis perawatan otomatis. Namun, selalu mengacu pada manual pemilik, dealer atau ahli servis resmi untuk servis tertentu dan interval yang diperlukan.

harga velg mobil xpander HSR JD623 ring 17 ban accelera phi

Setiap 3.000 hingga 7.000 KM

Filter oli dan oli harus diganti sesuai dengan jadwal perawatan otomatis yang direkomendasikan pabrikan dengan mayoritas menyarankan filter oli dan oli diganti antara 3.000 dan 7.000 km. Selain itu, pemeriksaan level cairan transmisi, cairan pendingin, cairan power steering, cairan pembersih kaca depan dan wiper, ban dan semua lampu eksterior juga dianjurkan.

Setiap 15.000 hingga 30.000 KM

Ganti filter udara setiap 15.000 km. Setiap 20.000 km periksa baterai dan cairan pendingin. Sebagian besar layanan pemeliharaan sejauh 25.000 km memerlukan penggantian filter bahan bakar. Setiap 30.000 km, ganti filter udara dan cairan power steering. Periksa cairan pendingin, selang radiator, sistem HVAC, bantalan rem, dan semua komponen suspensi.

Setiap 35.000 hingga 50.000 KM

Periksa dan ganti baterai setiap 35.000 km, sesuai kebutuhan. Setiap 40.000 km ganti busi dan kabel busi, dan periksa sistem pengapian dan suspensi. Pemeriksaan ini direkomendasikan lagi pada jarak 45.000 km dan 50.000 km.

Setiap 60.000 KM

Mengganti bantalan rem dan minyak rem, selang radiator, cairan pendingin, minyak power steering dan timing belt. Periksa HVAC, komponen suspensi, dan ban.

Penggantian oli dan filter udara adalah bagian yang sangat penting dari perawatan mesin; namun, pemeriksaan menyeluruh terhadap semua komponen engine, transmisi, pendinginan, rem dan suspensi juga harus dilakukan secara teratur. Buku panduan pemilik menyediakan jadwal perawatan otomatis rutin berdasarkan jarak tempuh mesin untuk kebanyakan mobil.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *