Lakukan Ini Pada Ban Bikin Irit BBM

Posted on

Lakukan Ini Pada Ban Bikin Irit Bbm

Otomotifarea.com, Siapa sih yang ga pengin mobil atau motornya irit pemakaian BBM? Apalagi bagi yang setiap hari harus menggunakan mobil atau motor untuk berbagai keperluan. Rasanya akan melakukan semua tips yang aman dan terbukti dapat mengirit konsumsi BBM.

Ada satu tips sederhana yang otomotifarea.com rangkum dari berbagai sumber. Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk otolovers semua.

Baca juga : Memanfaatkan Bahan Baku Lokal, Alumnus ITB Ini Berhasil Ciptakan Eco Racing, Dapat Menghemat Bahan Bakar

Memastikan Tekanan Angin Pada Ban

Tips sederhana ini jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Ko bisa dengan menjaga tekanan angin pada ban dapat menghemat BBM? Dan ternyata tips mengisi tekanan angin ban motor yang tepat, ternyata mampu ngirit bensin dua kali lipat.

Bukan omong kosong, hal itu telah dibuktikan di Kontes Mobil Hemat Energi (KHME) 2018 lalu.

Baca juga : Penghemat BBM Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Uji cobanya di mobil-mobil yang sedang balap hemat energi.

“Sebab tekanan angin ban di motor yang rendah/kempes menyebabkan tapak ban yang bersentuhan di aspal jadi melebar,” terang Jimmy Handoyo, Technical Service PT Suryaraya Rubberindo Indonesia (SRI) di Padang Sumatera Barat beberapa waktu yang lalu.

Nah, ban yang tekanan anginnya kurang itu berdampak terhadap kinerja mesin.

“Nilai tahanan gelinding (Rolling Resistance) jadi besar kalau ban kurang angin. Jadi, mesin bekerja lebih keras dan konsumsi bahan bakar jadi enggak efisien,” sahut Jimmy Handoyo.

Baca juga : Daftar Harga Kamera Mundur Hyundai Santa Fe 2019

Jadi, semakin kecil Nilai Tahanan Gelinding maka ban akan semakin ringan bekerjanya.

Otomatis juga akan memperingan kinerja mesin, hasilnya konsumsi BBM bisa ditekan.

“Untuk mengecilkan nilai tahanan caranya dengan menjaga tekanan angin ban dari kempis,” tambahnya.

Menggunakan Eco Racing

Eco Racing adalah sebuah temuan produk inovasi yang bermanfaat berbentuk tablet memiliki zat yang mempunyai fungsi bisa melindungi mesin kendaraan anda, meningkatkan nilai Oktan ( Research Octan Number) Bahan Bakar mesin kendaraan, menghemat penggunaan bahan bakar (BBM) serta menghilangkan polusi CO hingga 0%.

Dari beberapa testimoni pengguna eco racing. Mereka menyatakan bahwa setelah menggunakan produk ini penggunaan BBM kendaraan mereka semakin irit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *