otomotifarea

Tips Cara Benar Menyalakan Mesin Mobil

Diposting pada

Banyak hal  untuk menjaga kualitas mesin mobil tetap berjalan secara optimal. Selain dengan rutin servis secara berkala, perlu untuk mengetahui bagaimana menghidupkan mobil dengan cara yang benar.

Saat menghidupkan mobil dan kondisi kunci sudah di posisi on, maka semua indikator pada speedometer akan menyala kemudian kembali ke normal.

Akan tetapi banyak pengendara yang memiliki kebiasaan menghidupkan mobil tanpa menunggu lampu indikator pada mobil kembali ke posisi normal, hal ini bisa perpengaruh pada kerja motor starter. Ketika mobil dinyalakan sebelum lampu indikator kembali ke normal, biasanya suplai bahan bakar belum naik. Hal ini sebenarnya bisa membuat kerja motor starter akan lebih berat saat dihidupkan.

Tak hanya itu saja, jika langsung menyalakan mobil saat lampu indikator pada speedometer belum kembali normal, maka sistem injeksi dan elektrik starter akan bekerja secara bersamaan. Hal ini dapat memicu aki cepat soak jika sering dilakukan, sebab aki harus bekerja secara ekstra.

Kebiasaan tidak mematikan AC dan audio ketika mematikan mobil perlahan juga dapat merusak mesin. Alangkah lebih baik bisa AC dan audio juga dimatikan, Supaya ketika mobil di jalankan secara otomatis tidak ada beban AC atau audio, hanya beban mesin saja. Dengan begitu mobil akan lebih stabil dan kualitas mesin mobil pun terjaga.

otomotifarea

Artikel ini telah tayang di Kompas.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *