modifikasi_motor_matic_otomotifarea

Tips Modifikasi Motor Agar Tampil Lebih Kece Bagi Pemula

Diposting pada

Bagi sobat yang ingin menambah tampilan motor jadi lebih kece. Coba deh tips berikut ini.

Salah satu alasan memodifikasi motor adalah agar tampil percaya diri. Sebab dengan tampilan modifikasi yang keren membuat, pengendara terlihat lebih macho saat menggunakannya.

Tentunya selama modifikasi yang sobat lakukan tidak menyalahi aturan yang berlaku, yakni seperti yang tertuang dalam Pasal 277 UU no.22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, maka motor sobat masih boleh digunakan di jalan raya.

Ada banyak jenis dan tipe motor, mulai dari motor matik, motor bebek/cub, dan berbagai macam hingga motor sport. meskipun begitu, cara memodifikasi yang sederhana tidaklah berbeda jauh. Yang terpenting untuk memodifikasi motor adalah memilih barang yang bagus dan bengkel yang profesional agar hasilnya juga akan bagus.

Jika sobat ingin konsep modifikasi motor yang sederhana, tapi tetap elegan dan stylish, maka jenis aksesori yang bisa digunakan untuk modifikasi adalah seperti jari-jari velg roda, stiker, spion, piringan rem cakram, dan sebagainya. Namun, bagi sobat yang hobi dengan konsep modif yang agak ekstrem, tentunya harus siap dengan biaya yang cukup besar.

Nah, inilah tips memodifikasi motor agar tampil lebih keren bagi pemula dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mengganti Filter Udara

Pilih filter udara yang kualitasnya baik, sebab filter udara yang baik akan membuat mesin motor matic bernafas dengan lebih baik. Lalu bisa juga mengganti knalpot modifikasi yang berkualitas. Harganya bisa cukup tinggi, namun knalpot yang bagus akan meningkatkan torsi dan power motor matic.

2. Gunakan Velg Variasi

Untuk membuat penampilan motor menjadi lebih gahar. Gunakan velg variasi yang sesuai dengan tampilan dan ukuran ban yang ingin kamu pakai pada motor.

3. Memasang Wind Shield

Bagi sobat yang suka dengan tampilan retro, aksesori yang satu ini sepertinya wajib dipasang. Wind shield yang dipasang di bagian depan kepala speedometer juga berfungsi meminimalisir tekanan angin dari depan.

4. Ganti Lampu Standar ke Lampu Variasi

Mengganti lampu motor standar pabrikan, dengan lampu LED yang lebih terang, sobat bisa memilih lampu LED variasi dengan berbagai model yang bisa disesuaikan dengan kendaraan. Selain membuat tampilan lebih bagus, lampu LED juga membantu pengendara melihat dengan lebih jelas pada malam hari.

Sedangkan untuk motor sport, bisa dengan menggunakan lampu projie agar futuristik dan lebih keren lagi.

5. Ganti Rem Cakram dengan Yang Lebih Pakem

Pilihlah rem variasi dengan tampilan yang bagus, juga yang menawarkan pengereman lebih baik dari standarnya.

6. Menambah Sticker Atau Painting Pada Body Motor

Hal ini bisa menjadi yang paling mengubah tampilan motor secara langsung. Hanya dengan stickering atau painting, efeknya sudah bisa mengubah penampilan secara drastis pada motor sobat.

Motor modifikasi yang paling sering menggunakan sticker atau body painting adalah, motor matic seperti mio dan beat yang saat ini digemari anak muda.

7. Ganti Jok Motor

Mengganti jok standar dengan jok variasi yang lebih nyaman, dan warna yang sesuai dengan tema modifikasi yang diinginkan. Apalagi bagi motor yang berusia lama, dimana kondisi jok sudah mulai keras dan kempes layak untuk diganti.

Untuk motor sport, bisa memakai jok single seat agar tampilan lebih sporty seperti motor balap sungguhan.

8. Memakai Fairing Untuk Motor Sport

Motor sport seperti Vixion, CB 15OR, dan lainnya, sangat cocok bila menggunakan fairing custom agar tampilannya berbeda, dan lebih keren lagi. Seperti pada bagian sayap dan undercowl/cover engine.

9. Mengganti Headlamp Untuk Motor Sport

Biasanya modifikasi yang dilakukan pengguna motor sport adalah bagian headlamp. Hal ini karena terkadang pengendara merasa desain dari pabrikan yang dianggap kurang greget atau terkadang pengendara lebih ingin bernostalgia dengan model motor lama.

Maka biasanya headlamp yang sering digunakan sebagai modifikasi adalah headlamp bulat, yang memberi kesan klasik pada motor. Selain itu headlamp costum yang mengikuti model moge (motor gede) seperti Kawasaki Z250, yang berusaha direplika dan dipasang pada motor Vixion. Ada juga yang mengubah tampilan headlamp motor dengan hanya menggunakan cover headlamp, supaya terlihat facelift.

Untuk pemasangannya, bisa diserahkan kepada bengkel terpercaya. Karena biasanya akan ada tambahan bracket, agar headlamp bisa menempel pada motor dengan baik.

10. Mengganti Swing Arm Untuk Motor Sport

Bagi pengguna motor sport seperti Vixion dan CB 150R yang ingin mengubah tampilan kaki motor, biasanya memodifikasi pada bagian roda belakang. Seperti dengan mengganti swing arm pabrikan dengan model swing arm milik kelas 200cc.

11. Mengganti Setang Motor

Bagi yang ingin merasakan sensasi ridding yang berbeda, maka bisa dengan mengganti stang standard pabrikan dengan beberapa varian stang. Di antaranya stang jepit, stang fatbar, dan lain sebagainya.

12. Ganti Spakbor

Untuk menambah penampilan motor agar lebih sporty dan keren, bisa dengan mengganti spakbor depan atau belakang. Bisa mengambil dari jenis motor yang berada di atas kelasnya. Spakbor motor kelas 200cc biasanya sering dicoba oleh pengguna motor Vixion.

Untuk pemasangan tinggal menambahkan bracket atau jika kesulitan bisa ke bengkel untuk minta bantuan memasangkannya.

13. Mengganti Underbone Atau Footstep untuk motor Sport

Oke yang terakhir, agar menambah kesan yang lebih menarik lagi untuk motor sport kamu, gantilah underbone atau footstep dari pabrikan ke footstep variasi. Pilih yang sesusai dengan tema modifikasi dan tentunya sesuai dengan selera sobat.

 

sumber: oto.detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *